FORMULASI TABLET KUNYAH PDF

Formulasi Tablet Kunyah Attapulgit BAHAN FORMULA KEGUNAAN. Attapulgit mg Zat Aktif. Gelatin 2,6 mg Pengikat. Aspartam 6 mg Pemanis. Perasa coklat . Formulasi Tablet Kunyah Attapulgit dengan Variasi Konsentrasi Bahan Pengikat Gelatin Menggunakan Metode Granulasi Basah. Provided by: Neliti | Year. ANALISIS INTEGRASI PASAR HORISONTAL CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L) DAN CABAI MERAH BESAR (Capsicum annum L) (Studi Kasus Di Pasar.

Author: Kagajar Akinoramar
Country: Honduras
Language: English (Spanish)
Genre: Environment
Published (Last): 28 January 2012
Pages: 200
PDF File Size: 11.92 Mb
ePub File Size: 5.35 Mb
ISBN: 863-1-27719-133-5
Downloads: 16416
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Shataxe

Tablet Kunyah Home Tablet Kunyah. Tablet Kunyah tablet kunyah sem 4. Tablet Kunyah Antasida baa. Tablet Weaving Litle guide to weaving. Facet Tablet facetFull description.

Laporan tablet laporan asetosal. Tablet Effervescent tablet effervscent. Tutorial de EDEM para solucion de proceso de empastillado farmaceutico.

Pedoman CPOB disusun sebagai petunjuk dan contoh bagi industri farmasi dalam menerapkan cara pembuatan obat yang baik untuk seluruh aspek dan rangkaian pembuatan obat. Ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi dalam CPOB meliputi persyaratan-persyaratan dari personalia yang terlibat dalam kuunyah farmasi, bangunan dan fasilitas, peralatan, sanitasi dan higiene, produksi, pengawasan mutu, insfeksi diri, penanganan keluhan obat dan obat kembalian serta penarikan kembali obat, dan dokumentasi.

Peranan besar industri farmasi dalam peningkatan taraf kesehatan sangatlah besar. Dengan adanya industri farmasi yang memiliki kuhyah dan kualitas baik, pemenuhan kebutuhan obat memiliki andil dalam penanganan kasus-kasus penyakit yang marak terjadi di Indonesia.

Salah satunya ialah penyakit infeksi saluran pernapasan ISPA.

Jurnal Mahasiswa Farmasi Fakultas Kedokteran UNTAN

ISPA didefinisikan sebagai suatu penyakit infeksi pada hidung, telinga, tenggorokan pharynxtrachea, bronchioli dan paru yang kurang dari dua minggu 14 hari dengan tanda dan gejala dapat berupa: Banyak antibiotik dewasa ini dibuat secara semi sintetik atau sintetik penuh.

Salah satu antibiotik yaitu golongan makrolida yang secara umum digunakan dalam pilian terapi penyakit ISPA dan pneumonia. Untuk menjaga mutu obat, pemerintah pada tahun telah mengambil kebijakan yang mengharuskan setiap industri farmasi untuk menerapkan Cara Pembuatan Obat yang Baik CPOBsehingga setiap indistri pengendalian, farmasi wajib pengadaan, menerapkan distribusi dan CPOB dalam pemantapan obat upaya yang menyeluruh dan terpadu.

Cara Pembuatan Obat yang Baik CPOB bertujuan untuk menjamin obat dibuat secara konsisten, memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan sesuai dengan tujuan penggunaannya.

CPOB mencakup seluruh aspek produksi dan pengendalian mutu. Bangunan industri farmasi harus didirikan di daerah yang tidak ada sumber kunnyah, misalnya bekas timbunan sampah, bahan kimia dan lain-lain.

Sumber pencemaran lainnya adalah debu jalan, debu industri lain dan partikel pestisida. Apabila oleh karena adanya perubahan struktur tanah atau perencanaan kota maka perlu dilakukan langkah pencegahan yang sesuai, agar pencemaran tersebut tidak mempengaruhi kualitas produk yang dibuat.

Untuk itu, bangunan industri farmasi harus memiliki perlindungan yang memadai terhadap: Cuaca, misalnya dengan memberikan cat tahan cuaca pada tembok, memasang alat penyerap kelembaban udara secara pendinginan atau secara penyerapan oleh bahan kimia yang higroskopis.

Banjir, misalnya letak bangunan dibuat cukup tinggi terhadap permukaan air banjir atau dibuat saluran air secara tepat guna. Rembesan Air melalui tanah, misalnya dengan membuat pondasi bangunan yang tahan terhadap rembesan air sesuai dengan teknik bangunan yang berlaku.

Daerah produksi untuk pembuatan obat pada industri farmasi sesuai dengan CPOB dibedakan menjadi: Ruang masuk karyawan, Ruang ganti pakaian kerja, cormulasi, laboratorium pengemasan sekunder.

  ASTM E125 PDF

Untuk itu pada ruang zona A terdapat persyaratan lingkungan yang harus dipenuhi. Suplai udara zona A terdapat persyaratan lingkungan yang harus dipenuhi. Instalasi kompresor ini digunakan hanya pada titik peralatan yang memerlukan sistem instalasi kompresor. Contohnya ruang stripping digunakan untuk menggerakkan pisau pemotong stripruang bed dryer FBDruang pengisian kapsul, dan lain-lain.

Pre treatment Proses ini diawali dengan pemompaan air artesis untuk ditampung dalam tangki RW Row Water. Akan tetapi sebelum masuk dalam tangki terlebih dahulu diinjeksikan klorin untuk membunuh mikroba dan bakteri dalam air artesis. Urutan proses pengolahan air terdiri dari pre treatment dan water treatment. Skema Pre Water Treatment Skema Water treatment Pengendalian formmulasi sangat essensial dan penting di dalam industri farmasi.

Alasan utama pengendalian mikroorganisme adalah: Mencegah penyebaran penyakit dan infeksi. Membasmi mikroorganisme pada inang yang terinfeksi.

Mencegah pembusukan dan perusakan bahan oleh mikroorganisme. Sarana penunjang Sarana penunjang yang digunakan adalah: Sistem boiler bekerja dengan cara membakar air pada suhu tinggi sehingga menghasilkan uap yang digunakan untuk pemanasan dalam proses produksi.

Bahan bakar yang digunakan untuk proses pemanasan yaitu solar dan pemanasan menggunakan oil burner. AHU bertujuan mengatur jumlah partikel, temperatur dan kelembapan udara yang masuk keruang produksi.

Udara yang masuk dari ruang produksi adalah udara yang tersirkulasi dimana tahapannya sebagai berikut: Selain itu kipas udara juga berfungsi menghisap udara yang berfungsi menghisap debu. Udara bersih akan masuk ke ruang. Prouksi dan udara kotor akan keluar dari ruang produksi. Udara segar dan udara yang foemulasi dari ruang produksi akan forkulasi selanjutnya melalui tahapan-tahapan yang sama.

Untuk produksi tablet beta laktam digunakan HEPA Filter, merupakan final filter dimana udara akan langsung masuk ke dalam ruangan produksi.

Kipas udara Blower Kipas udara digunakan untuk keperluan suplay udara atmosfir yang telah disaring, menghisap udara ruangan yang kotor atau berdebu dan menghisap partikel atau debu produksi yang terjadi selama proses produksi yang berlangsung. Saluran udara Ducting Saluran udara digunakan untuk mendistribusikan udara dari kipas udara Blower menuju ruang atau tempat yang akan dikondisikan. Setiap ruang produksi dilengkapi dengan penyedot debu yang berguna untuk menghisap debu yang dihasilkan selama proses produksi.

Partikel debu dikumpulkan untuk kemudian dimusnahkan dengan menggunakan incinerator. Cyclone Cyclone juga merupakan penghisap debu yang berasal dari proses coating. Debu yang mengandung pelarut organik disedot untuk kemudian disemprot dengan air dan suspensi yang terbentuk ditampung pada bak penampungan berukuran 1m x 1m x 80 cm. Setiap hari formuladi pembersihan bak penampungan, kemudian limbah cair yang dihasilkan dialirkan ke IPAL.

Tipe ini yang digunakan untuk efisiensi daya. AC Central digunakan untuk mendinginkan Cooling coil.

Pada AHU terdapat DPG Defferential Pressure Gauge yang berfungsi untuk membandingkan tekanan udara sebelum masuk filter dan fornulasi melewati filter, jika nilai DPG melewati batas kapasitas defferential maka filter tersebut akan buntu. Penggantian pre filter dilakukan tiap 4 bulan sekali sedangkan medium filter dilakukan tiap 8 bulan sekali, dimana proses perawatan ini berbedabeda pada setiap pabrik.

Jaminan Haria Tua b.

Tablet Kunyah – PDF Free Download

Jaminan Keselamatan Kerja c. Mempersiapkan dan menganalisis finansial dan laporan manajemen serta ketepatan waktu dalam memberikan laporan 2. Mengawasi dan mereview accounting 4. Dalam proses distribusi dan marketing mempertimbangkan 4P yaitu: Place distribution Produk yang dihasilkan didistribusikan ke distributor atau PBF dipulau jawa dan luar pulau jawa seperti Bali, Sumatra, Makasar dan Manado.

Price Produk yang dihasilkan mempunyai harga yang ekonomis dengan kualitas barang yang setara dengan harga OGB obat generik berlogo. QA juga mempunyai fungsi dalam tahap staf dan tanggung jawab terhadap aspek dan standar yang diinginkan oleh QC di Industri dan melakukan audit tentang keseragaman semua aspek dan standard yang digunakan di semua unit.

  FARGO DTC515 MANUAL PDF

Pengawasan yang dilakukan tersebut dilakukan kunyaj bahan baku, bahan kemas, proses produksi, produk antara, produk ruahan, produk jadi, produk kembalian dan sampel berkala. Semua pengawasan tersebut dilakukan oleh Departemen Quality Control.

Untuk melaksanakan tugasnya departemen Quality Control dibagi atas bagian analisa dan IPC in process controlyang memiliki fasilitas berupa laboratorium untuk pemeriksaan kimia, dan ruang instrument yang terpisah satu sama lain. Bahan awal untuk produksi obat memenuhi spesifikasi mengenai identitas, kekuatan, kemurnian, kualitas dan keamanan yang telah ditetapkan.

Semua pengawasan selama proses dan pemeriksan laboratorium terhadap suatu bets obat telah dilaksanakan dan bets tersebut memenuhi spesifikasi yang telah ditetapkan sebelum didistribusikan. Suatu bets obat memenuhi persyaratan mutunya selama waktu peredaran yang telah ditetapkan. Bagian Analisa Tugas dan tanggung jawab bagian analisa antara lain: Harga murah Pengujian ini mencakup identifikasi, kemurnian, dan penetapan kadar.

Hal-hal yang harus diperhatikan: Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan alat thief sampler. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut: Disposisi ini dibuat rangkap 2 dimana tembusannya diserahkan ke bagian PPIC untuk perencanaan produksi dan bagian keuangan untuk pembayaran. Pemeriksaan mutu bahan kemas Pemeriksaan dilakukan untuk menjamin bahwa bahan kemas yang digunakan benar-benar sesuai spesifikasi yang ditentukan.

Tujuan yang ingin dicapai adalah bahan pengemas tersebut dapat melindungi sediaan obat. Pengujian terhadap bahan kemas meliputi label, brosur, wadah karton, aluminium foil, botol dan tutup botol. Pengawasan dilakukan terhadap penampilan fisik wadah, kesesuaian bahan dan hasil cetakan dengan spesifikasi yang telah ditentukan warna, penandaan, desain dan bentuk.

Sistem pemberian label bahan kemas sama dengan pada bahan baku. Pemeriksaan Mutu Produk Tablet Pengujian akhir sediaan tablet meliputi keseragaman kadar dan disolusi.

Seksi IPC bertanggungjawab untuk melakukan pengawasan untuk mencegah terjadinya kesalahan sehingga produk yang dihasilkan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. IPC berupaya apabila terjadi kesalahan yang selama berlangsungnya proses produksi dapat segera ditangani. Pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan terhadap semua hal yang mempengaruhi setiap tahap proses pengolahan dan pengemasan meliputi: Pada sediaan padat pemeriksaannya meliputi uji kadar air granul, uji keragaman bobot, uji kekerasan, uji kerapuhan, uji waktu hancur dan uji kebocoran strip.

Sedangkan untuk sediaan liquida meliputi uji pemerian dan uji keseragaman volume pada saat filling. IPC meliputi pengawasan dalam proses pembuatan tablet. Metode granulasi kering merupakan salah satu metode pembuatan tablet yang efektif terutama pada dosis efektif terlalu tinggi untuk pencetakan langsung, dan obatnya peka terhadap pemanasan, kelembaban atau keduanya.

Metode ini banyak digunakan untuk membuat tablet aspirin atau vitamin dan tablet antibiotik. Pada proses ini, komponen-komponen tablet dikompakkan dengan mesin cetak tablet atau mesin khusus roller compactor. Setelah serbuk dicampur, campuran serbuk ditekan ke dalam die, yang besar dan dikompakkan dengan punhc permukaan datar.

Massa yang diperoleh disebut Slug dan prosesnya disebut slugging. Slugging merupakan suatu usaha untuk meningkatkan waktu pencetakan.